Wednesday, September 10, 2014

APPLICATION LAYER

A. APPLICATION LAYER

 Application Layer adalah salah satu layer dalam OSI Layer model. Layer ini termasuk ke dalam kategori upper layer atau layer yang berinteraksi dekat dengan pengguna. Secara urutan, layer ini adalah layer yang berada di urutan paling atas, di atas presentation layer.
Secara umum layer ini menangani user interface. Lebih spesifik, fungsi-fungsi yang ditangani layer ini adalah:
  • Application Layer pada TCP/IP dan OSI
Seperti telah disebutkan pada bahasan Bagaimana TCP/IP Bekerja, TCP/IP secara resmi tidak berusaha menyesuaikan dengan model tujuh layer OSI. Application layer pada TCP/IP setara dengan application layer, presentation layer, dan session layer pada OSI.

 Application layer: Application Layer pada OSI (jangan dibingungkan dengan kesamaan nama Application layer pada TCP/IP) memiliki komponen-komponen yang menyediakan servis-servis bagi aplikasi user dan juga memberikan support untuk mengakses network.
·         Presentation layer: Presentation layer merubah data menjadi format yang netral dan juga menangani enkripsi dan kompresi.
·         Session layer: Session layer mengatur komunikasi antar aplikasi dalam network. Layer ini menyediakan fungsi-fungsi yang berhubungan dengan koneksi yang tidak disediakan pada transport layer seperti : recognition dan security.





1.    Sebagai layer yang digunakan aplikasi, terutama yang dirancang untuk berjalan di atas jaringan.
2.    Membuka peluang akses ke layanan jaringan yang mendukung aplikasi
3.    Merepresentasikan layanan yang secara langsung mendukung applikasi user
4.    Menangani akses jaringan, pengontrolan alur, dan recovery error
Beberapa protokol yang menggunakan layer ini adalah:
1.    DNS (Domain Name Service)
2.    FTP (File Transfer protocol)
3.    TFTP (Trivial File Transfer Protocol)
4.    BOOTP (BOOTstrap Protocol)
5.    SNMP (Simple Network Management Protocol)
6.    RLOGIN
7.    SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)
8.    MIME
9.    NFS (Netfork File System)
10. FINGER
11. TELNET


Application Layer adalah salah satu layer pada model komunikasi data referensi OSI.Layer Application adalah penghubung utama antara aplikasi yang berjalan pada satu komputer dan resources network yang berinteraksi langsung dengan user. applikasi software berjalan pada layer ini, contoh lainnya Telnet, File Transfer Protocol (FTP), and Simple Mail Transfer Protocol (SMTP).