Monday, November 10, 2014

CSMA/CD

Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection atau sering disingkat menjadi CSMA/CD adalah sebuah metode media access control (MAC) yang digunakan oleh teknologi jaringan Ethernet. Dengan metode ini, sebuah node jaringan yang akan mengirim data ke node tujuan pertama-tama akan memastikan bahwa jaringan sedang tidak dipakai untuk transfer dari dan oleh node lainnya. Jika pada tahap pengecekan ditemukan transmisi data lain dan terjadi tabrakan (collision), maka node tersebut diharuskan mengulang permohonan (request) pengiriman pada selang waktu berikutnya yang dilakukan secara acak (random). Dengan demikian maka jaringan efektif bisa digunakan secara bergantian.

Ethernet adalah media akses yang digunakan oleh semua host untuk membagikan bandwidth dalam link yang sama. Ethernet menggunakan Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection (CSMA/CD). CSMA/CD diciptakan untuk mengatasi problem collision yang terjadi ketika packet dikirim secara bersama-sama oleh node yang berbeda. Untuk lebih mudah memahami, silahkan pelajari gambar-gambar di bawah ini.


Penjelasan Gambar 1.

-Langkah (1) dan (2), host A akan mengirimkan sinyal elektrik kepada host lain. Dalam pengiriman pada kabel coaxial, kecepatan data maximal adalah 200.000 km/s sehingga untuk menempuh jarak 1 km, membutuhkan waktu 5 mikro second. 
-Langkah (3) host A telah mengirimkan sinyal elektrik ke host B. Selanjutnya B akan menerima bit dari frame pertama host A.
Langkah (4) , host A telah menemukan ujung dari kabel. Semua host yang ada telah dikirimkan bit pertama dari frame yang menunjukkan bahwa kabel dalam kondisi sibuk. Pengiriman frame pada host A menuju B akan tetap berjalan samapai akhir bit dari frame. 
Langkah (5) ketika host A telah mengakhiri frame, maka kabel coaxial akan menjadi kosong lagi karena tidak ada sinyal elektrik yang dikirimkan.

Konsep CSMA/CD ini menekankan jika pada saat pengiriman terjadi tabrakan maka akan mengirim ulang dengan waktu yang sudah dirandom untuk mencegah situasi yang sama.Jadi sebelum mengirim komputer akan mengecek pada jalur apakah ada pengiriman , jika tidak maka akan dilakukan pengiriman, masalahnya itu terkadang pada saat pengecekan kosong namun pada saat mengirimkan ternyata ada juga yang mengirim pada saat waktu yang bersamaan hingga terjadi tabrakan dan file rusak. Ketika file rusak maka akan dilakukan pengiriman ulang dengan waktu random yang telah diatur untuk mengurangi kemungkinan tabrakan lagi. 
Istilah unicast dibentuk dengan analogi siaran istilah yang berarti transmisi data yang sama untuk semua kemungkinan tujuan. Multi-tujuan lain metode distribusi, multicast, mengirim data hanya untuk tertarik tujuan dengan menggunakan alamat khusus tugas.Pesan unicast digunakan untuk semua proses jaringan yang unik pribadi atau sumber daya yang diminta.Aplikasi jaringan tertentu yang didistribusikan secara massal terlalu mahal untuk dilakukan dengan transmisi unicast karena masing-masing koneksi jaringan mengkonsumsi sumber daya komputasi pada pengiriman host dan memerlukan jaringan terpisah sendiri bandwidth untuk transmisi. Aplikasi termasuk media streaming dari banyak bentuk. Stasiun radio internet menggunakan koneksi unicast mungkin memiliki biaya bandwidth yang tinggi.

Istilah-istilah ini juga digunakan oleh penyedia konten streaming 'layanan. Unicast server media berbasis terbuka dan memberikan arus unik untuk setiap pengguna. Multicast server berbasis dapat mendukung audiens yang lebih besar dengan melayani konten secara simultan ke beberapa pengguna.