Wednesday, November 19, 2014

NETWORK FILE SYSTEM ( NFS )

      Network File System (NFS) merupakan protokol sistem file jaringan yang awalnya dikembangkan oleh Sun Microsystem pada tahun 1984. Dengan menggunakan NFS, komputer di jaringan dapat mengakses hard disk di kom[puter lainnya seolah di hard disk komputer sendiri. NFS dikembangkan berbasis pada sistem Open Network Computing Remote Procedure Call(ONC RPC).
      NFS merupakan sebuah protokol sharing yang menggunakan paradigma client server. Jadi untuk menggunakan NFS, perlu adanya server yang akan memungkinkan folder di share dan client yang di gunakan untuk mengakses folder.


Keuntungan dari NFS
  • Penggunaan NFS tentunya membawa keuntungan bagi organisasi yang mengimplementasikannya , diantaranya :
  • Workstation lokal dapat menggunakan space storage yang lebih sedikit karena data yang sering diakses oleh banyak orang  atau yang memakan banyak space dapat disimpan dalam NFS Server dan tetap dapat diakses oleh banyak orang.
  • Tidak perlu dibuat direktori Home yang terpisah ditiap workstation. Direktori Home untuk setiap user dapat dibuat di NFS Server dan tiap user dapat mengaksesnya melalui jaringan.
  • Penggunaan NFS memungkinkan manajemen yang tersentralisasi. Manajemen yang tersentralisasi ini dapat mengurangi pekerjaan administrator dalam melakukan back-up  dan menambahkan software yang digunakan banyak orang.

Kelemahan NFS

Pada NFS client terlihat lambat karena proses membaca dan menulis  pada storage membutuhkan waktu yang lebih lama. Jika File System yang di ekspor sedang tidak tersedia ketika sebuah client mencoba melakukan mount , sistem dari client akan crash, meskipun permasalahan ini dapat dikurangi dengan menggunakan mount yang spesifik. Dan karena NFS itu tersentralisasi jika storageyang di-mount oleh berbagai client tiba-tiba crash karena suatu sebab , maka tidak akan ada yang dapat mengakses storage tersebut.
NFS juga memiliki permasalahan dalam keamanannya, karena NFS didesain dengan asumsi jaringannya itu aman. Kelemahan utama dari keamanan dari NFS ialah NFS itu berdasarkan RPC , yang tidak lain merupakan target utama dari serangan. Hal ini dapat menyebabkan informasi yang seharusnya tidak di-mount menjadi terekspos di internet yang berada di dalam Firewall maupun diluar.